Cara Mudah Bikin MacOS High Sierra Jadi Bootable
Cara Mudah Bikin MacOS High Sierra Jadi Bootable

Cara Mudah Bikin MacOS High Sierra Jadi Bootable

MacOS High Sierra adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple untuk perangkat Mac. Salah satu fitur yang paling menarik dari MacOS High Sierra adalah kemampuannya untuk dijadikan bootable, yang berarti Anda dapat menginstal ulang atau memperbarui sistem operasi dengan mudah melalui USB atau hard drive eksternal. Membuat MacOS High Sierra menjadi bootable tidaklah sulit, dan dalam artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara melakukannya dengan mudah.

Langkah pertama adalah mengunduh MacOS High Sierra dari Mac App Store. Setelah mengunduh file instalasi, jangan langsung menginstalnya. Alih-alih, salin file instalasi ke lokasi yang mudah diakses, seperti folder Aplikasi atau desktop. Setelah itu, Anda perlu mengunduh aplikasi bernama DiskMaker X, yang akan membantu Anda membuat MacOS High Sierra menjadi bootable.

Setelah mengunduh DiskMaker X, buka aplikasi dan pilih opsi untuk membuat bootable disk dengan MacOS High Sierra. Anda akan diminta untuk memasukkan password administrator Anda. Setelah itu, DiskMaker X akan mengidentifikasi file instalasi MacOS High Sierra yang telah Anda salin sebelumnya. Pilih file tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh DiskMaker X untuk menyelesaikan proses pembuatan bootable disk.

Cara Mudah Bikin MacOS High Sierra Jadi Bootable

Bagi pengguna Mac, membuat macOS High Sierra menjadi bootable bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, dengan panduan sederhana ini, Anda dapat dengan mudah membuat drive bootable dan menginstal sistem operasi terbaru Apple ini dengan cepat.

Apa itu Bootable Drive?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami apa itu bootable drive. Bootable drive adalah drive yang berisi salinan lengkap sistem operasi yang dapat digunakan untuk menginstal ulang atau memperbaiki sistem. Dalam hal ini, kita akan membuat bootable drive untuk macOS High Sierra.

Langkah 1: Unduh macOS High Sierra

Langkah pertama adalah mengunduh macOS High Sierra dari Mac App Store. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan tersedia ruang penyimpanan yang cukup di Mac Anda.

Langkah 2: Persiapan

Sebelum kita mulai membuat bootable drive, pastikan Anda memiliki drive USB dengan kapasitas minimal 8GB yang kosong. Juga, pastikan Anda telah melakukan backup data yang penting karena proses ini akan menghapus semua data di drive USB.

Langkah 3: Format Drive USB

Selanjutnya, Anda perlu memformat drive USB sebagai MacOS Extended (Journaled) dengan skema partisi GUID. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan drive USB ke Mac Anda.
  2. Buka Disk Utility (Utilitas Disk) dari folder Applications (Aplikasi) – Utilities (Utilitas).
  3. Pilih drive USB dari panel sebelah kiri.
  4. Klik tab “Erase” (Hapus) di bagian atas jendela.
  5. Pilih format “Mac OS Extended (Journaled)” dan beri nama pada drive USB Anda.
  6. Pilih skema partisi “GUID Partition Map”.
  7. Klik “Erase” (Hapus) dan tunggu hingga proses selesai.

Langkah 4: Buat Bootable Drive

Sekarang, saatnya untuk membuat drive USB menjadi bootable menggunakan Terminal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Terminal dari folder Applications (Aplikasi) – Utilities (Utilitas).
  2. Salin dan tempel perintah berikut ke Terminal: sudo /Applications/Install\ macOS\ High\ Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia --volume /Volumes/[NamaDriveUSB] --applicationpath /Applications/Install\ macOS\ High\ Sierra.app (Gantilah [NamaDriveUSB] dengan nama yang Anda berikan pada drive USB saat memformat).
  3. Tekan Enter dan masukkan kata sandi pengguna Anda jika diminta.
  4. Tunggu hingga proses selesai. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit.

Langkah 5: Selesai!

Anda telah berhasil membuat drive USB Anda menjadi bootable untuk macOS High Sierra! Sekarang Anda dapat menggunakannya untuk menginstal ulang sistem operasi atau memperbaiki masalah yang mungkin muncul di Mac Anda.

Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat bootable drive untuk macOS High Sierra dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat MacOS High Sierra menjadi bootable. Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah ini, Anda dapat dengan cepat menginstal sistem operasi MacOS High Sierra dan menjalankannya langsung dari USB atau hard drive eksternal. Ingatlah untuk selalu membackup data penting Anda sebelum memulai proses ini, dan pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal sistem operasi baru.

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan jika Anda mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan tambahan. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah membuat MacOS High Sierra bootable dan memperbarui sistem operasi Mac Anda dengan lancar. Selamat mencoba!

FAQs:

1. Apa itu MacOS High Sierra?

MacOS High Sierra adalah versi sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Apple untuk perangkat Mac. Ini menawarkan berbagai fitur baru dan peningkatan kinerja untuk pengguna Mac.

2. Mengapa saya perlu membuat MacOS High Sierra bootable?

Dengan membuat MacOS High Sierra bootable, Anda dapat menginstal sistem operasi ini tanpa terlebih dahulu mengunduhnya dari Mac App Store setiap kali Anda ingin menginstal ulang atau memperbarui perangkat Mac Anda.

3. Apa yang dibutuhkan untuk membuat MacOS High Sierra bootable?

Anda akan membutuhkan USB atau hard drive eksternal dengan kapasitas penyimpanan yang cukup, dan file instalasi MacOS High Sierra yang dapat didownload dari Mac App Store.

4. Apakah proses membuat MacOS High Sierra bootable sulit dilakukan oleh pemula?

Proses ini cukup sederhana jika Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan hati-hati. Namun, jika Anda tidak yakin, disarankan untuk meminta bantuan dari seseorang yang memiliki pengalaman dalam menginstal sistem operasi Mac.

5. Apakah proses membuat MacOS High Sierra bootable akan menghapus data saya?

Proses ini tidak akan menghapus data yang ada pada perangkat Mac Anda. Namun, seperti yang disarankan sebelumnya, selalu lebih baik membackup data penting Anda sebelum melakukan proses ini untuk mencegah kemungkinan kehilangan data yang tidak diinginkan.

Video Yang Bersangkutan Dengan Cara Mudah Bikin MacOS High Sierra Jadi Bootable